Senin, 09 Desember 2013

Sejarah Futsal

Saya yakin diantara temen2 (khususnya cowok) banyak yang suka atau paling nggak pernah main futsal(atau paling parahnya pernahlah denger kata itu). Futsal sekarang sudah menjadi tren khususnya di tangerang. Kenapa bukan sepakbola? Bukannya kita lebih suka nonton bola di tv daripada nonton futsal(emng jarang sih yang nyiarin pertandingan futsal)? Trus apa semua pemain futsal itu tau sejarah futsal? Asalnya dari negara mana? Meskipun terlihat ga penting, tapi apa salahnya kita sedikit mengulas sejarah permainan ini sampai bisa jadi tren di Indonesia.

APA SIH FUTSAL ITU?


Udah mau 2014 masa futsal aja gatau, kasian yah’. Dikutip dari wikipedia “Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap regu juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidak seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan”. Kata atau istilah futsal berasal dari bahasa Spanyol dan Portugis yaitu futbol yang berarti sepakbola dan sala yang berarti ruangan. Jadi bisa diambil kesimpulan futsal itu sepakbola yg dimainkan di dalam ruangan atau bahasa kampung halaman gua itu hall football atau indoor football. Walaupun disebutnya sepakbola dalam ruangan, tidak menutup kemungkinan futsal dimainkan di lapangan terbuka.

SEJARAH FUTSAL

Juan carlos Ceriani
Futsal berasal atau diciptakan di Montevideo, Uruguay tahun 1930 oleh Juan Carlos Ceriani, seorang pelatih sepak bola asal Argentina. Hujan yang sering mengguyur Montevideo membuatnya kesal, karena rencana yang Ia susun jadi berantakan karena lapangan yang tergenang air. Lalu Ceriani memindahkan latihan ke dalam ruangan. Pertama Ia tetap menggunakan jumlah pemain 11 orang, namun karena lapangan yang sempit, Ia memutuskan untuk mengurangi jumlah pemain menjadi 5 orang tiap tim, termasuk penjaga gawang. futsal kemudian berkembang ke negara-negara lain di Amerika Latin khususnya Brazil, sampai-sampai ada yang mengklaim bahwa futsal berasal dari tanah Brazil. Pada tahun 1936 dibuatlah kesepakatan dan penetapan aturan main futsal. Pada masa itu, Peraturan Futsal juga tidak banyak bedanya dengan peraturan futsal saat ini. Dengan adanya peraturan ini, futsal semakin berkembang dan digemari di Amerika Latin, bahkan ke seluruh dunia. Badan internasional futsal adalah FIFUSA (Federación Internacional de Fútbol de Salón, International Futsal Federation) yang dibentuk pada tahun 1971.

SEJARAH FUTSAL DI INDONESIA

Futsal dibawa masuk ke wilayah Indonesia oleh para pedagang dari Persia dan Gujarat pada abad ke 13 LOH?? maap2 salah, itumah sejarah masuknya Islam ke Indonesia ahahahaha maklum anak sejarah tapi gagal :) . Futsal mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1998-1999 oleh Justin Laksana (ih masih baru banget). Kemudian mulai dikenal masyarakat pada tahun 2000. Kemudian futsal diperkenalkan di sekolah-sekolah dari sekolah dasar sampai SMA bahkan perguruan tinggi. Ditambah lagi dengan banyaknya tempat-tempat penyewaan lapangan futsal di Indonesia mulai dari lapangan floor sampai lapangan yang menggunakan rumput sintetis semakin meningkatkan animo masyarakat akan olahraga ini.

ALASAN MEMILIH FUTSAL

Kenapa orang-orang lebih memilih futsal ketimbang sepakbola? Bukannya sepakbola itu lebih terkenal dan lebih prestis, berikut alasan-alasannya :

1. Futsal lebih murah

Futsal tidak harus dimainkan di tempat yang berbayar (menteng gratis), yang penting ada pemain, ada bola, ada gawangnya dua. Kalaupun harus sewa lapangan, harganyapun masih terjangkau kok (kalo patungan, apalagi kalo ada yang mau bayarin hehe).

2. Lebih simpel

Ini alasan yang menurut Saya paling banyak ditemukan di lapangan. Kenapa disebut lebih simpel? Pertama untuk main futsal, kita cuma perlu ngumpulin orang minimal 10 orang (gaada cadangannya), bayangin kalo sepakbola, berarti kita mesti ngumpulin minimal 22 orang (gaada cadangannya pula), belom main udah capek duluan. Kedua, main futsal ga mesti pake kostum futsal lengkap (kecuali pertandingan atau turnamen resmi). Kita ga mesti pake sepatu futsal, pake sepatu sekolah bahkan nyeker pun bisa. Sedangkan kalo sepakbola kita mesti pake kostum sepakbola lengkap dengan sepatu bola yang ada pul nya walaupun bukan pertandingan atau turnamen resmi.

3. Lapangannya lebih bagus

Udah jelas banget jumlah lapangan futsal di Indonesia lebih banyak daripada lapangan sepakbola. Ditambah lagi kualitas lapangan futsal juga lebih bagus dan harganyapun lebih terjangkau. Selain itu kalo kita main di lapangan futsal indoor itu lebih enak, bayangin aja kalo panas kita ga kepanasan, kalo ujan kita ga keujanan plus lapangannya pun ga akan becek karena air ujan kecuali kalo temen2 main di lapangan futsal outdoor. Kalo sepakbola? Kalo cuacanya panas sih mending tapi kalo ujan? Pasti becek, udah gitu bolanya juga pasti lebih susah dikontrol kecuali kalo temen2 mainnya di eropa, ujanpun air ngga akan menggenang karena kualitas rumput di sana jauh lebih bagus & modern.
Jadi kesimpulannya, bagi temen2 yang suka main futsal, jangan suka anggap remeh sepakbola, khususnya sepakbola tanah air, karena ternyata main sepakbola itu ga segampang main futsal bahkan jauh lebih susah dan lebih memerlukan modal yang banyak. Gak percaya? Coba aja sendiri.
Segitu dulu post Saya kali ini semoga bisa lebih membuka wawasan kita mengenai futsal dan sepakbola, kritik, saran dan komen yang bermutu akan sangat membantu Saya dalam memperbaiki tulisan2 saya selanjutnya. terimakasiiih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar